MULAWARMAN NEWS

Forum Keserasian Sosial Taper Gelar Sarasehan

M-NEWS.ID, TANA PASER – Guna mencegah terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat, Forum Keserasian Sosial Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, melakukan upaya pencegahan terjadinya konflik sosial dengan menggelar sarasehan Forum Keserasian Sosial. Kegiatan itu dihadiri perwakilan Dinas Sosial, perwakilan kecamatan dan Kepala Desa Tanah Periuk.

Ketua Forum Keserasian Sosial Taper Abdur Rahman menyampaikan pihaknya mendapatkan bantuan dana sebesar Rp.150 juta dari Kementerian Sosial yang digunakan untuk pertemuan atau dialog-dialog yang sifatnya untuk pencegahan dini, juga diperuntukkan pembangunan infrastruktur desa.

“Ada bantuan Rp.150 juta, selain untuk kegiatan sarasehan ini, nantinya dana tersebut akan digunakan secara swadaya bersama masyarakat untuk semenisasi jalan, drainase, dan jembatan,” kata Abdur Rahman.

Abdur Rahman mengatakan, potensi konflik sosial di desa itu diantaranya dipicu dari kecemburuan masyarakat atas ketimpangan pembangunan infrastruktu di desa itu.

“Potensi rawan konflik sosial di Desa Tanah Priuk seperti ketidakmerataan pembangunan misalnya pembangunan jalan. Misalnya di Rt satu dapat tapi di RT lain tidak dapat. Itu yang bisa memicu konflik,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari 9 RT di desanya, pihaknya akan membangun semenisasi jalan, sesuai yang diprioritaskan masyarakat. Begitupun pembuatan drainase dan jembatan.

“Nanti akan ada semenisasi jalan di beberapa tempat, pembuatan drainase dan jembatan,” katanya.

Pembangunan itu lanjut Abdur Rahman, dilakukan secara swadaya atau gotong royong. Masyarakat. Ia berharapa pembangunan itu setidaknya dapat meredam kecemburuan dan konflik di tengah masyarakat. Namun yang menjadi point penting dari kegiatan gotong royong itu, katanya, adalah kebersamaan antar warga.

“Selain untuk meminimalisir konflik, yang penting kebersamaannya. Harapannya dengan forum ini ada semangat kebersamaan dan gotong royong,” katanya. (dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *