MULAWARMAN NEWS

Harga TBS tidak Sesuai, Petani Lapor Distan dan Perusahaan

Ilustrasi / BeritaKalimantan.co

Tidak sesuainya harga Tandan Buah Segar (TBS) yang di tetapkan Tim Penentu Harga dari Propinsi Kaltim dengan harga yang di patok perusahan di Paser membuat petani dan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) melaporkan Distan Paser, Tim Penetapan Harga serta 15 perusahaan lainnya ke Kejaksaan Negeri Tanah Grogot.

Distan Paser  melalui Bahriansyah selaku Kabid Perkebunan membenarkan pihaknya  telah diperiksa Kejaksaan terkait laporan para petani dan serikat petani kelapa sawit  yang mempertanyakan adanya  pembiaran pemerintah daerah terkait harga yang ditentukan perusahaan.

Menurut Bahriansyah, harga CPO dunia yang fluktuatif serta tidak digunakan lagi peranan KUD diduga sebagai faktor pemicu rendahnya harga beli TBS di loading-loading perusahaan.

“Melihat kondisi di Paser seperti pasar bebas, selain Perusahaan pada umumnya mengikuti harga CPO dunia yang berubah setiap saat , para petani juga sekarang tidak melakukan penjualan TBS  melalui KUD lagi, lebih sering langsung ke loading perusahaan, sehingga harga jualnya rendah” tutur Bahrianyah, Jum’at (27/1/2017).

Kenapa petani lebih cenderung memilih menjual langsung, lanjut Bahriansyah, walaupun harga di loading lebih rendah di banding harga penetapan, tetapi pembayarannya secara cash .

“Kalau jual ke loading, di bayarnya cash, tapi kalau lewat KUD tidak bisa langsung dibayar, biasa nunggu sebulan baru bisa di cairkan” ujar Bahriansyah.

Membuat kesepakatan antara petani sebagai penjual dengan pihak perusahaan selaku pembeli dirasa bisa menjadi solusi untuk mengatasi perbedaaan harga tersebut, apakah akan mengikuti harga pasar atau harga yang ditetapkan pemerintah.

“Untuk mengatasi perbedaan  harga, nanti bisa saja petani dan perusahaan buat kesepakatan, kriterianya ikuti harga pemda atau pasar, jadi bila ada yang melanggar,  langsung saja dilaporkan ke penegak hukum ‘ kata Bahriansyah. (Rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *