MULAWARMAN NEWS

Hari Pertama Lebaran, Warga Dilarang Buang Sampah ke TPS

Ilustrasi/istimewa

M-NEWS.ID, Tana Paser – Warga Tanah Grogot dilarang membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Hal tersebut tertuang dalam Surat Himbauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser tertanggal 22 Mei 2019 yang ditujukan kepada Lurah dan Kepala Desa di Kecamatan Tanah Grogot di tanda tangani Kepala DLH Abdul Basyid.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan LB3DLH Paser Harjana mengatakan himbauan tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga lingkungan di Tana Paser tetap bersih dan indah.

“Agar lingkungan kita tetap bersih dan keindahannya tetap terjaga, makanya kami menyampaikan himbauan kepada masyarakat ahar tidak membuang sampah rumah tangga di hari pertama lebaran,” kata Harjana di Tanah Grogot, Selasa (28/5/2019).

Dia menyampaikan alasan bahwa pada hari pertama perayaan Idul Fitri tersebut pihaknya tidak melayani pengangkutan sampah dari TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Km. 07 Desa Tepian Batang.

“Kami tidak melakukan pengangkutan sampah karena seluruh pegawai yang bertugas juga sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya petugas pengangkutan sampah tidak libur, tapi memindah jam pengangkutan pada malam hari sebelum Lebaran.

“Biasanya pengangkutan sampah di pagi hari, jadi petugas keliling mengangkut sampah pada malam takbiran dan untuk lebaran hati kedua baru pengangkutan akan kembali normal,” jelasnya.

Dia pun berharap agar masyarakat dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Paser bisa bersama-sama untuk menjaga serta mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dalam nuansa Hari Raya Idul Fitri. (*/aia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *