MULAWARMAN NEWS

Hindari Penyalahgunaan, Kapolres Paser Periksa Senjata Api Personelnya

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kapolres Paser AKBP Murwoto melakukan pemeriksaan rutin senjata api (senpi) dinas yang dipakai personel di jajaran Polres Paser di halaman Mapolres Paser Jl. Jenderal Sudirman Tanah Grogot, Selasa (21/01/2020),

Pemeriksaan yang dilakukan mendadak ini agar menghindari penyalahgunaan senpi di internal Polri, mulai dari pengecekan masa berlaku surat ijin pinjam pakai senpi serta perawatan senpi dan amunisinya.

Tidak ada pengecualian baik terhadap para perwira ataupun Bintara, satu persatu pemegang senpi diperiksa dan ketika ada temuan langsung dilakukan teguran langsung kepada personel yang bersangkutan bahkan juga diberikan tindakan fisik berupa push up kemudian dicatat dalam temuan oleh Propam Polres Paser.

Kapolres Paser AKBP Murwoto mengatakan pemeriksaan rutin tersebut untuk mengetahui kondisi senjata api yang digunakan para personelnya.

“Pemeriksaan rutin ini, kami laksanakan untuk melihat bagaimana perawatan senjata api yang dilakukan oleh anggota,” kata Kapolres

Selain itu, Murwoto menambahkan kegiatan ini juga dalam rangka menegakkan dan meningkatkan disiplin anggota dilingkungan Polres Paser.

“Kita periksa agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak disalah gunakan dan berharap pelaksanaan pengecekan senpi dapat terus berlanjut hingga jajaran Polsek,” ucapnya.

Untuk meningkatkan kemampuan anggota menggunakan senpi, Dia juga memerintahkan kepada Paurlat Bag Sumda Polres Paser untuk mengagendakan latihan menembak bersama bagi personel,

“Latihan bagi para personel sangat penting guna meningkatkan keahlian dalam menggunakan senjata agar bidikannya tepat sasaran,” pesannya.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, ditemukan beberapa pelanggaran yakni senpi yang mengalami rusak ringan, senpi dalam keadaan kotor, serta kepemilikan senpi dengan surat pinjam pakai yang telah habis masa berlakunya. (*/rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *