MULAWARMAN NEWS

Hingga Oktober 2019, PAD Paser Capai Rp 118 Milyar

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Paser terus menggenjot Penerimaan Asli Daerah (PAD). Hingga bulan Oktober 2019 tercatat PAD Paser telah mencapai Rp118 Milyar lebih.

“Sampai Oktober PAD Paser sudah Rp118 Milyar lebih,” kata Kasubag Perencanaan Program pada Bapenda Paser M Rasyidi di Tanah Grogot, Rabu (13/7/2019).

Pada tahun 2019, Bapenda Paser menargetkan PAD Paser bisa mencapai Rp167 Milyar yang diperoleh dari pemungutan pajak hotel, restoran, rumah makan, kafe dan usaha katering.

Selain itu lanjut Rasidi, PAD yang diterima Paser juga didapat dari pajak reklame, penerangan jalan, pajak parkir, pajak bumi bangunan, pajak bea Perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

“Ada pula retribusi daerah seperti retribusi izin mendirikan bangunan (IMB), retribusi jasa umum, jasa kesehatan, kendaraan bermotor, dan tera ulang,” ujarnya.

Diketahui, pada 2018 realisasi PAD Paser mencapai Rp 147 milyar, naik dari tahun 2017 yang hanya mencapai Rp 109 milyar. PAD tersebut bersumber dari pendapatan pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain. (*/sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *