MULAWARMAN NEWS

Kades Ditenggat 3 Bulan Susun RPJMDes

Katsul Wijaya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

TANA PASER (M-News.id) – Sebanyak 71 Kepala Desa yang beberapa waktu lalu dilantik diminta segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dalam waktu 3 bulan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Kamis (9/2/2017).

“Mereka kami targetkan menyelesaikan RPJMDes maksimal tiga bulan dari pasca pelantikan ” kata Katsul Wijaya, saat ditanya awak media Kamis (9/2/2017) kemarin.

Penyusunan RPJMDes ini nantinya diharapkan bisa mengakomodir visi misi yang di kampanyekan Kepala desa terpilih untuk 6 tahun kedepan. RPJMDes yang disusun bersama tim dan melalui musyawarah desa ini juga tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat desa.

Menurut Katsul sangat penting RPJMDes segera disusun untuk menentukan besaran alokasi anggaran yang diterima masing-masing desa tersebut.

“Bila telat disusun, besaran anggaran tidak bisa ditentukan, maka pembangunan desa akan terhambat” ujar pria yang biasa di sapa Pak Kaban.

DPMD dalam hal ini, tambah Katsul, akan terus berkoordinasi dan membimbing para kades baru terkait penyusunan APBDes dan RKPDes.

“Penganggaran yang terukur dan terarah diharapkan mampu menaikan pembangunan desa secara maksimal, kami juga membuka pintu lebar-lebar kepada mereka yang ingin datang ke DPMD untuk bgerkonsultasi “, tambah Katsul. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *