MULAWARMAN NEWS

Kampanye GPN di Paser, Era Digital Saatnya Beralih ke Pembayaran Non Tunai

Pelepasan burung merpati oleh Asisten Direktur Analis Senior Divisi Pengembangan GPN Departemen Elektronifikasi dan GPN, BI, Novi Cahyono dan Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya, Jum’at (13/9/2019)

M-NEWS.ID, Tana Paser – Seiring berkembangnya era digital di dunia ekonomi dan keuangan, melalui sistem pembayaran Gerakan Pembayaran Nasional (GPN) diharapkan masyarakat dapat beralih dari pembayaran tunai ke non tunai.

Hal tersebut disampaikan Asisten Direktur Analis Senior Divisi Pengembangan GPN Departemen Elektronifikasi dan GPN, BI, Novi Cahyono saat membuka Kampanye GPN di Halaman Kantor Bupati Paser, Jum’at (13/9/2019) pagi.

“Masyarakat harus siap dengan transformasi digital, saat ini sistem pembayaran sudah semakin mudah, , dan dengan GPN saatnya beralih dari pegang uang tunai menjadi non tunai” kata Novi Cahyono.

Dia menambahkan, saat ini transaksi menggunakan uang elektronik sudah berkembang untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Jadi kedepan seluruh transaksi pembayaran di Kaltim akan berbasis elektronik nonton tunai, seperti bayar parkir, bayar tol, naik kereta dan naik bus sudah tidak tunai lagi,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan GPN merupakan kedaulatan bangsa Indonesia di bidang transaksi keuangan karena tidak bergantung dengan pihak asing.

“Saat GPN diluncurkan Desember 2017, transaksi kita tidak bergantung pihak asing dan dengan GPN data-data kita aman di dalam negeri karena seluruh transaksi yang dikeluarkan di wilayah NKRI di proses di NKRI,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya saat membacakan sambutan Bupati Paser menyampaikan kartu  GPN merupakan upaya pemerintah untuk menghilangkan sekat transaksi didunia perbankan dan juga untuk melindungi konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.

“Pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan gerakan ini dan dapat dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Paser, selain itu pemerintah daerah juga akan memanfaatkan untuk penyaluran program pemerintah untuk masyarakat,” kata Sekda.

Untuk diketahui, kegiatan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan dan Pemerintah Kabupaten Paser dan bekerjasama dengan media partner Radio Joska 90.1 FM di tandai penekanan tombok sirine dan pelepasan sepasang burung merpati yang juga merupakan logo GPN.

Kampanye yang juga di isi dengan kegiatan fun walk, fun bike, zumba serta pembagian doorprize dengan grand prize sepeda motor dan dari pantauan M-News.id lebih dari 1.000 peserta dari perbankan dan masyarakat ikut hadir memeriahkan acara tersebut. (Rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *