MULAWARMAN NEWS

Kapolres Paser : Penimbun Sembako akan Ditindak Tegas

Kapolres Paser AKBP Murwoto saat melakukan pengecekan ketersediaan sembako di Gudang Bulog, Kamis (19/03/2020).

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kapolres Paser AKBP Murwoto berjanji akan menindak tegas pihak-pihak yang menimbun bahan pokok (sembako) jelang bulan Ramadhan 2020 sehingga memicu kelangkaan bahan pangan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Paser AKBP Murwoto saat melakukan pengecekan harga dan ketersediaan sembako di Gudang Bulog Kabupaten Paser dan di Pasar Induk Senaken), Kamis (19/03/2020).

“Jangan sampai ada penimbunan sembako dan apabila ditemukan akan dikenakan sanksi yang tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata Kapolres.

Kedatangan orang nomor satu di Polres Paser beserta rombongan ke Gudang Bulog disambut langsung Kepala Kancapem Bulog Panji Lintang dan Kepala Gudang Bulog Paser Hamsari.

Kunjungan dadakan Kapolres Paser ke Gudang Bulog Kab. Paser untuk memastikan secara langsung ketersediaan sembako sebagai bahan pangan penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan ramadhan nanti.

“Saya meminta agar stock sembako yang tersedia saat ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Paser. Apabila ada kendala atau permasalahan bisa segera berkoordinasi dengan Polres Paser atau Instansi Terkait lainnya,” ucapnya.

Kepala Kancapem Bulog, Panji Lintang menyampaikan ketersediaan bahan pangan seperti beras, minyak goreng masih dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Paser hingga 3 bulan kedepan.

“Untuk stok beras 430 Ton, minyak goreng 1200 liter. Sementara untuk gula pasir masih kosong dan stok daging beku kosong tapi direncanakan akan datang 2 Ton,” kata Panji Lintang.

Pengecekan sembako kemudian dilanjutkan ke pasar Induk Senaken Kabupaten Paser dan diterima Kepala TU UPTD Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot Khairul serta Kasi Pengawasan Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot M. Fitriansyah.

Saat berada di dalam pasar, Kapolres sempat menanyakan kondisi harga beberapa kebutuhan pokok pada pedagang. Diketahui harga sejumlah bahan pangan di Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot belum mengalami kenaikan yang signifikan.

“Pengecekan harga sembako ini dilakukan untuk melihat situasi dan kondisi lapangan agar tidak mengganggu stabilitas kamtibmas,” jelas Kapolres.

Selain itu, lanjut Kapolres, pemantauan ini juga untuk mendeteksi dan mencegah adanya penimbunan bahan pangan yang dilakukan spekulan-spekulan dikarenakan ramainya berita penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

“Apabila ditemukan spekulan yang menimbun barang dengan tujuan mencari keuntungan, kami tindak tegas. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemkab Paser untuk mencegah terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok,” imbuhnya.

Pada pengecekan tersebut, Kapolres Paser didampingi oleh PJU Polres Paser diantaranya Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kapolsek Tanah Grogot dan Kasi Propam. (rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *