MULAWARMAN NEWS

Kemenag Paser Paser akan Pantau Hilal Awal Ramadan 1442 H

KEPALA KEMENAG PASER ABDUL KHALIQ

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser akan memantau hilal sebagai penentu permulaan bulan Ramadan 1442 Hijriah

Kepala Kemenag Paser Abdul Khaliq saat di konfirmasi mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan Hilal pada Senin, (12/4/2021) sore.

“Rencananya sekitar jam setengah enam sore ini kami akan melakukan pemantauan Hilal ramadan di Kabupaten Paser ini,”

Kepala Kemenag Paser Abdul Khaliq

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjutnya, untuk lokasi pemantauan Hilal akan dilaksanakan di stadion Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

“Ditahun sebelumnya Kemenag Paser tidak diperkenankan untuk melakukan pemantauan Hilal, karena awal-awal Covid-19, jadi Kita tidak diperkenankan untuk berkerumun. Namun tahun 2021 ini kita sudah diperbolehkan,” ucapnya.

Khaliq juga menjelaskan, pemantauan Hilal akan melibatkan beberapa organisasi. Pemantauan hilal juga akan menyesuaikan kondisi dari segi cuaca bisa tidaknya Hilal terlihat.

Baca Juga :

“Kami juga mengundang semua organisasi, baik itu dari Pemerintah Daerah, maupun dari organisasi NU dan Muhammadiyah untuk sama-sama menyaksikan hilal secara langsung,” ucapnya.

Seperti diketahui, awal Bulan suci ramadhan diperkirakan akan jatuh pada Selasa 13 April 2021. Untuk penentuan awal ramadan tersebut akan diputuskan melalui sidang Isbat di Kementerian Agama RI setelah dilakukan pemantauan hilal dari seluruh Indonesia. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *