MULAWARMAN NEWS

KKP Serahkan Bantuan Kapal Senilai 1 M untuk Nelayan Paser

Kapal yang merupakan bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diserahkan Bupati Paser kepada Koperasi nelayan Desa Muara Pasir di PPI Senaken, Selasa (9/5/2017)

M-News.id – Dinas Perikanan Kabupaten Paser menyerahkan 2 kapal yang merupakan bantuan dari Direktorat Jendral Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI kepada nelayan Paser di PPI Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, Selasa (9/5/2017).

Penyerahan tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Paser Drs. H. Yusriansyah Syarkawie di saksikan pula oleh Asisten Ekonomi Setda Paser Karoding, Kepala Bappeda Putu Suantara, perwakilan Kodim 0904/TNG, perwakilan Polres Paser, para Kepala Desa, serta SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Paser.

Kapal yang diserahkan tersebut berukuran 10 Gross Ton (GT) sebanyak 2 unit.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan pemberian 2 kapal beserta alat tangkap merupakan usulan pada bulan januari tahun 2016 yang baru diakomodir oleh pemerintah pusat.

“Kapal yang diserahkan merupakan usulan di 2016 pada program prioritas pemberian sarana penangkapan ikan dari DJPT dengan total bantuan senilai 1 Milliar rupiah” kata Ina.

Pada saat itu, lanjut Ina, pihaknya mengusulkan 2 koperasi nelayan untuk mendapatkan bantuan karena salah satu syarat bantuan harus berupa badan usaha atau koperasi.

“Kami saat itu mengusulkan 2 koperasi yaitu Koperasi Bina Nelayan dari desa Muara Pasir dan Koperasi Paser Putri Petung dari desa Pasir Mayang, tetapi baru Muara Pasir diakomodir,” ungkap Ina.

Mengingat masih ada koperasi yang belum mendapatkan bantuan, Ina menambahkan, akan mengusulkan pada tahun ini.

“Tahun ini kita tetap mengusulkan, tapi karena ada perubahan kebijakan di pusat untuk verifikasi ulang penerima bantuan, dan Alhamdulillah untuk koperasi Putri Petung kemarin telah dilakukan verifikasi ulang, dan mudahan tahun depan bisa mendapatkan bantuan,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Paser dalam penyerahan bantuan kapal tersebut berharap para nelayan bisa menjaga kapal tersebut sehingga mampu meningkatkan taraf hidup para nelayan di Paser.

“Kami harap kapal dan alat tangkap tersebut bisa difungsikan dengan baik, sehingga tangkapan para nelayan bisa meningkat dan penghasilan nelayan juga dapat turut meningkat. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *