MULAWARMAN NEWS

Kodim 0904/TNG Tegas Perangi Narkoba

Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko saat memantau proses tes urine

M-NEWS.ID, TANA PASER – Komando Distrik Militer (Kodim) 0904/TNG menggandeng Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser, Senin (27/06/2019), menggelar penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Makodim setempat.Kepada pihak media, Komandan Kodim (Dandim) 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk upaya tegas terhadap pernyataan perang terhadap peredaran Gelap Narkotika.

Selain itu, lanjut Dandim, pelaksanaan agenda juga guna mengantisipasi keterlibatan personil atas penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan penyuluhan ini, dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dan sebagai cara kami untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba di kalangan prajurit TNI, khususnya di lingkungan Kodim 0904/TNG,” ungkapnya.

Dikatakan, bahwa dalam giat P4GN dilaksanakan pula pemeriksaan dan tes urine para personil TNI.

“Dalam kegiatan penyuluhan ini, kami juga mengintruksikan kepada seluruh personil di lingkungan Kodim untuk melakukan pemeriksaan dan Tes Urine, tes urine ini sendiri kegiatan yang kami adakan secara mendadak. Jadi anggota tidak ada yang mengetahui kalau hari ini akan dilakukan pemeriksaan,” ucapnya.

Dijelaskan, bahwa pemeriksaan dan tes urine anggota yang dilakukan secara mendadak tersebut diakuinya agar hasil pemeriksaan benar-benar riil dan tanpa rekayasa serta tanpa persiapan anggota. Dimana, kegiatan serupa dalam mengupayakan perang terhadap penyalahgunaan Narkoba akan tetap dilaksanakan secara rutin dan pelaksanaannya tanpa diketahui oleh anggota secara keseluruhan.

“Kami upayakan pemeriksaan dan tes urine dilaksanakan secara mendadak. Karena kami juga ingin tahu hasil sebenarnya daribpemeriksaan seluruh anggota. Jika terbukti ada anggota yang menggunakan Narkoba, kami akan berikan sanksi tegas,” tegasnya.

Kedepan, Ia berharap, agar TNI terutama Kodim 0904 dapat menjadi contoh dan tauladan dalam upaya mencegah serta memerangi peredaran gelap Narkoba di Kabupaten Paser.

“Kodim 0904 harus mampu menjadi tauladan dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Semoga saja masyarakat Kabupaten Paser juga bisa turut serta membantu kami,” pintanya.

Disisi lain mewakili Tim BNK Paser, Totok Sumardiono mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga menyebutkan bahwa hasil dari tes urine terhadap 136 Kodim 0904/TNG seluruhnya Negative.

“Tadi sekitar seratus lebih anggota Kodim 0904/TNG yang sudah mengikuti test urine. Alhamdulillah seluruhnya negative. Ini membuktikan bahwa jajaran Kodim 0904 bersih dari penyalahgunaan Narkoba, dengan ini tentu kami selaku BNK Paser menghimbau kepada masyarakat untuk juga turut serta dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di wilayah Kabupaten Paser,” katanya. (aia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *