MULAWARMAN NEWS

Letkol Czi Widya Wijanarko Pimpin Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Paser,  Sabtu 1/6/2019) 

M-NEWS.ID, TANA PASER – Komandan Kodim (Dandim) 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko, Sabtu (01/06/2019), bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Paser.

Dalam Amanat Plt Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Haryono yang di bacakan Dandim 0904/TNG Letkol CZI Widya Wijanarko, disebutkan bahwa Pancasila telah mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, semakin memperkokoh konsep dan keyakinan akan Tanah Air Indonesia. Kesatuan Gugusan pulau yang berbeda diantara dua samudra dan diantara dua benua meneguhkan bahwa bangsa indonesia memiliki ruang hidup Tanah air sebagai satu kesatuan,” katanya.

Selanjutnya dalam amanat tersebut juga menyatakan bahwa Pancasila merupakan satu anugrah bagi bangsa indonesia.

“Walau disadari, kita sebagai bangsa masih belum mampu secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Namun, perlu diakui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” sebutnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang berlangsung dengan khidmat ini turut dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, Ketua DPRD H Kaharuddin, Kapolres AKBP Roy Satya Putra dan segenap jajaran ASN serta Muspida di lingkungan Pemkab Paser.

Ditemui seusai apel, Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Wijanarko berharap melalui momentum tersebut juga dapat meningkatkan semangat Pancasilais di kalangan pemuda.

“Sebagai generasi penerus diharapkan mampu meningkatkan semangat Pancasilais, artinya dengan keberagaman bisa tetap menjaga kesatuan dan persatuan. Sehingga, semakin kokoh dan tidak mudah terpecah belah,” pesannya.

Dari pantauan M-NEWS.ID, selain di halaman Kantor Bupati Paser kegiatan serupa dilaksanakan pula di sejumlah lembaga yang berada di Kabupaten Paser.

Seperti yang terlihat di halaman Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser.

Dimana, Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid yang bertindak selaku Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila. (aia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *