MULAWARMAN NEWS

Meskipun Ada Perbaikan Administrasi, Rekapitulasi Suara Samarinda Berjalan Lancar

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penghitungan Hasil Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 di Kota Samarinda berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan Komisioner Divisi Logistik KPU Kaltim Ida Faridah di Hotel Bumi Senyiur, Kamis (5/7/2018)

“Semua proses tahapan berjalan lancar, dan untuk rekapitulasi ini sudah final,” kata Ida Farida saat ditemui M-News.id.

Wanita yang akrab disapa Ida ini menjelaskan, bahwa saat pleno ada sedikit perbaikan teknis terkait administrasi di tingkat PPK kecamatan.

“Semua sudah diselesaikan, perbaikan itu bukan suaranya. Tapi administrasi kependudukan saja jadi sudah ditangani dan clear,” ucapnya.

Dia menambahkan untuk data pemilih disabilitas dilakukan sinkronisasi karena ada perbedaan pada saat pengisian.

“Itupun sudah disingkronkan, jadi hampir tak ada kendala. Semua berjalan lancar,” tambahnya.

Dalam rekapitulasi itu, saksi dari Paslon nomor urut 4, Rusmadi dan Safaruddin memberi masukan terkait beberapa kesalahan ditingkatan kecamatan. Namun petugas PPK sudah mengklarifikasi. Para saksi pun menandatangani berita acara hasil rekapitulasi suara.

“Masukan itu kita anggap sebagai koreksi agar perbaikan kualitas pemilu menjadi lebih baik,” jelasnya.

Diketahui, Paslon Isran Hadi unggul di 9 kecamatan. Hanya Palaran yang diungguli Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang. Hasil rekapitulasi suara di ibukota Kaltim ini dimenangkan oleh palson Isran dan Hadi dengan perolehan suara 113. 372. Disusul Jaang – Ferdi 81.741 suara. Rusmadi – Safaruddin, 73.746 suara dan Andi Sofyan – Rizal, 43.575 suara.

Selain itu, Ida juga mengatakan tingkat partisipasi pemilih juga mengalami kenaikan menjadi 52 persen dari pemilu 2015 lalu.

“Kenaikan tingkat pemilu ini dipengaruhi oleh tingkat kesadaran politik yang semakin tinggi dan kami mengapresiasi semua pihak yang sudah bekerjasama mewujudkan penyelenggaraan Pilgub dan tahapan berjalan dengan baik,” ujarnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *