MULAWARMAN NEWS

Nah Ikam, Ratusan Perusahaan Belum Daftarkan Jaminan Sosial Karyawannya

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Paser Noormini

M-NEWS.ID, TANA PASER – Sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 24/2011, setiap perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.Seperti yang disampaikan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Paser Noormini, Selasa (25/06/2019).

“Berdasarkan UU Nomor 24, perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya untuk mendapatkan jaminan sosial,” ungkapnya.

Hanya saja, sebut Dia, sebanyak 200 perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser belum mendaftarkan karyawannya.

“Ada 200 perusahaan di Kabupaten Paser yang belum mendaftarkan karyawannya,” ucapnya.

Dikatakan, bahwa selama ini para karyawan memperoleh jaminan sosial kesehatan melalui jalur pribadi atau inisiatif masing-masing. Padahal, akunya, pihak BPJS sudah memberikan peringatan tertulis kepada perusahaan untuk mematuhi aturan dan menunaikan kewajibannya.”Sudah ditegur, dan sudah juga dikasih Surat Peringatan (SP) 2,” ujarnya.

Dijelaskan, 200 perusahaan tersebut pada umumnya adalah Commanditaire Vennootschap (CV). Sementara perusahan besar seperti perusahaan tambang pada umumnya telah mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Kami akan datangi beberapa perusahaan dan kembali memberi peringatan. Kami juga sudah melibatkan Disnakertrans Paser, namun masih tidak membuahkan hasil,” terangnya.

Kedepan, lanjut Normini, pihaknya akan melibatkan pula Kejaksaan. Apabila masih terdapat perusahaan yang tidak mengindahkan peringatan.

“Susah sekali, sudah minta tolong Disnaker tapi tidak bisa juga. Kami akan libatkan kejaksaan agar perusahaan mau patuhi aturan,” tukasnya. (sas/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *