MULAWARMAN NEWS

Panwas Tanah Grogot Gelar Bimtek Pengawas TPS

M-NEWS.ID, TANA PASER – Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Senin (11/6/2018).

Ketua Panwascam Tanah Grogot Suharno Prihandoko, S.TP mengatakan bimtek tersebut ditujukan untuk 132 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan 16 Pengawas Desa/Kelurahan se-kecamatan Tanah Grogot.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pontianak Utara Mukhlis menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PTPS.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan PTPS dan PPL agar lebih paham tentang tugas wewenang serta hak dan kewajibannya ketika berada di TPS, ” kata Suharno Prihandoko, S.TP

Dia berharap bimtek ini menjadi pegangan PTPS dan PPL menangani sebuah pelanggaran yang terjadi di TPS dengan baik dan adil.

“Dengan diberikan bekal tentang pengawasan TPS rawan, pengawasan proses pemungutan dan penghitungan suara, kami berharap pelanggaran-pelanggaran dilapangan dapat di cegah dan hindari,” harapnya.

Menurutnya, ada beberapa titik yang akan menjadi fokus pengawasan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 mendatang.

“Titik fokus pengawasan ada 3 bagian, yaitu proses sebelum pemungutan suara, saat pencoblosan dan penghitungan dan saat setelah hari penghitungan,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain mengawasi kegiatan pemungutan suara dan mengawasi kegiatan penghitungan suara, juga turut mencermati akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

“Kami juga mengingatkan kepada PTPS dan PPL untuk menjaga integritas dan profesionalitas, serta mengawasi politik uang baik di masa tenang maupun di hari pencoblosan,” tambahnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *