MULAWARMAN NEWS

Panwaslu Paser Bentuk 574 Pengawas TPS

M-NEWS.ID, TANA PASER – Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Paser akan membentuk 574 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di seluruh wilayah Kabupaten Paser.

Pembentukan PTPS tersebut mengacu Peraturan Bawaslu RI no 19 tahun 2017 tentang Pembentukan, Pemberhentian dan Penggantian antarwaktu Badan Pengawas Pemilihan Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/ Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Pengawas Pemilihan Umum Lapangan, dan Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara, maka Panwas Kabupaten Paser membentuk PTPS melalui Panwas di masing-masing Kecamatan.

“Sesuai perbawaslu, maka kami memulai proses rekuitmen Panwas TPS mulai tanggal 17 Mei 2018 ini dan pada 4 juni Mendatang Pengawas TPS di Paser sudah terbentukā€,” kata Komisoner Panwaskab Paser Divisi SDM Aprianto Abdullah, SP saat ditemui, Rabu (16/5/19).

Dia berharap agar pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimanatan Timur tahun 2018 ini, anggota PTPS yang nantinya terpilih merupakan orang yang mampu menjaga kualitas pilkada.

“Mereka nantinya harus kredibel, berintegritas, berkompeten dan mampu menjaga independensi serta netralitas supaya pilkada berjalan sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Paser agar bisa turut berpartisipasi menjadi PTPS dalam pemilihan kepala daerah Kaltim ini.

“PTPS merupakan ujung tombak pengawasan ditingkat TPS yang diharapkan mampu bekerja secara maksimal mengawal jalannya proses demokrasi,” tambahnya.

Sementara itu, untuk persyaratan menjadi calon pengawas TPS, yaitu usia sudah 25 tahun yang dibuktikan dengan KTP di TPS setempat. Persyaratan lainnya yaitu setia pada Pancasila dan UUD 45, tidak pernah menjadi anggota partai politik, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman penjara 5 tahun, tidak berada dalam satu ikatan pernikahan dengan sesama penyelenggara pemilu, serta memiliki kemampuan dalam bidang kepemiluan.

“Bagi masyarakat yang mau mendaftar bisa menghubungi Panwascam di masing-masing kecamatan, untuk mendapatkan informasi dan formulir pendaftaran pengawas TPS,” imbuhnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *