MULAWARMAN NEWS

Paser Gelar Teknologi Tepat Guna

M-News.id, TANA PASER – Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser menggelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan pameran produk unggulan desa tingkat Kabupaten Paser Tahun 2018 di Aula Kantor Kecamatan Batu Engau, Kamis (22/3).
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Paser Bidang  Pemerintahan dan Politik Suwardi SH yang ditandai dengan pemukulan gong.  Hadir  dalam acara itu Kepala DPMD Paser Katsul Wijaya, para camat se-Kabupaten Paser serta para kepala desa se-kecamatan Batu Engau.
Dalam gelar TTG ini sejumlah produk teknologi tepat guna dipamerkan posyantek antar desa yang mewakili masing-masing kecamatan. Selain itu dipamerkan juga produk-produk makanan dari peserta lomba.
Tema yang diangkat dalam acara TTG ini adalah ‘melalui gelar teknologi tepat guna, kita tingkatkan kreatifitas  dan inovasi desa dalam rengka mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan staf Ahli  Bupati bidang politik dan hukum mengatakan kegiatan TTG ini menjadi sarana  bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai inovasi yang berbasis kearifan lokal.
“TTG merupakan salah satu cara yang ampuh dalam upaya mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa. Harapan kami sentuhan TTG mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan,” kata Suwardi.
Menurut Suwardi, sudah saatnya desa memiliki satu produk unggulan yang menjadikan ciri khas daerahnya.
“Acara TTG ini menjadi kesempatan bagi desa untuk mengenalkan produk  unggulannya,” katanya.
Sementara itu Kepala DPMD Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan Kegiatan Teknologi Tepat Guna ini dimulai sejak tanggal 21 Maret, didahului dengan kegiatan Loka Karya dengan menghadirkan Posyantek dan Posyantekdes dalam rangka mencari solusi atas masalah teknologi tepat guna.
“Tujuan kegiatan ini salah satunya dalam rangka pembinaan kepada inovator supaya alat yang ditemukan menjadi alat kebutuhan bagi masyarakat dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan ini diwakili 10 kecamatan, khusus Kecamatan Batu Engau diikuti seluruh desa.
“Dalam gelar TTG ini, ada 13 alat produk unggulan yang dipamerkan,” kata Katsul.
Pada kesempatan ini, Katsul mengatakan gelat  TTG tingkat Provinsi Kalimantan Timur akan diselenggarakan pada  2-5 April di Kabupaten  Berau.
Peserta yang akan mewakili Kabupaten Paser di acara TTG Provinsi Kaltim lanjut Katsul adalah mereka yang meraih juara pertama hingga ketiga atas teknologi tepat guna yang dilombakan .
Saat ini DPMD Paser gencar melakukan sosialisasi pembentukan posyantek desa di semua desa di Kabupaten Paser.
“Saat ini kami terus melakukan pendampingan pembentukan posyantek bagi desa yang belum ada,” kata Katsul.
Untuk pembentukan, fasilitasi dan pengembangan pos yantek desa semua anggarannya bersumber dari APBD maupun APBN.
Dengan adanya Posyantek desa ini , kata Katsul Pengembangan ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik.
Sementara  itu tenaga ahli pengembangan TTG Kementerian Desa untuk Kabupaten Paser Nur Kholiq mengatakan, di Kabupaten Paser sudah terbentuk 37 Posyantek Desa.
“Target kami semua desa sudah ada posyantek desa,” kata Nur Kholiq.
Pada acara gelar TTG itu, terpilih 3 juara atas produk TTG yang dilombakan. Ketiga juara itu yakni alat pengiris kripik tempe yang diciptakan Agus dari Desa Tajur Kecamatan Long Ikis
Juara II yaitu alat destilasi asap cair cuka getah dari Posyantek Desa Mengkudu Kecamatan Batu Engau. Dan juara III yaitu alat abi mesem alatu bikin media semai.(sas)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *