MULAWARMAN NEWS

Pelayanan Tera/tera Ulang Perusahaan, UPTD Metrologi Legal Paser Pasif

M-NEWS.ID, TANA PASER – Guna melaksanakan pelayanan tera/tera ulang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser telah memiliki Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Metrologi Legal semenjak tiga tahun lalu.

 

Kendati demikian, hingga saat ini dalam pelaksanaan pelayanan tera/tera ulang perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Paser masih terkesan pasif.

 

Seperti yang disampaikan Kepala UPTD Metrologi Legal Kabupaten Paser Kusman Hesti Wachdianto kepada awak media.

 

“Sementara, kami masih bersifat pasif. Karena, hanya menunggu permohonan pelayanan Tera/tera ulang dari perusahaan baru kami laksanakan,” ungkapnya, Kamis (23/05/2019).

 

Pasalnya, lanjut Ia, meskipun telah terbentuk dari 2017 namun kebijakan keaktifan tera/tera ulang UPTD Metrologi Paser baru diterima 2018 kemarin.

 

“Unit inikan baru. Lagipula, kami baru awal tahun ini keluar rekomendasi kemampuan tera/tera ulang sampai dengan kapasitas 30 Ton,” akunya.

 

Selain itu, sambung Ia, bagian yang mesti lebih aktif adalah Pengawasan. Hanya saja, bagian pengawasan berada di Dinas Perdagangan Koperasi & UKM (Disperindagkop) Kabupaten Paser.

 

“Untuk pengawasan ada di dinas. Sedangkan kami hanya melayani tera/tera ulang aja, baik perusahaan, SPBU maupun pasar,” lanjutnya.

 

Terkait kemampuan UPTD Metrologi Legal dengan kapasitas 30 ton, Ia mengatakan bahwa pihaknya telah membuat Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Metrologi Balikpapan.

 

“Untuk diatas 30 ton, kami ada MoU dengan Metrologi Balikpapan. Jadi mereka yang menera, sedangkan kami hanya melakukan pendampingan saja,” katanya.

 

Untuk diketahui, Pemkab Paser pula telah memiliki regulasi terhadap besaran tarif pelayanan tera/tera ulang. Yakni, Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Paser Nomor 9/2017 tentang Retribusi Pelayanan Tera/tera ulang. (aia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *