MULAWARMAN NEWS

Pendaftar Calon Panwas Minim, Dibuka Sampai 24 Juni

M-News.id – Jumlah pendaftar calon angggota pengawas pemilu Kabupaten/Kota untuk wilayah Paser masih minim. Sejak dibuka masa pendaftaran pada Sabtu (17/6/2017) lalu, jumlah pendaftar di Kantor Kesangpol Paser hingga Senin (20/6/2017) siang, baru 16 orang.

Kepala Kesbangpol Paser melalui staf seksi Politik Dalam Negeri Setio mengungkapkan, 16 orang pendaftar itu merupakan para pendaftar yang datang langsung ke sekretariat tim panitia seleksi di Kantor Kesbangpol Paser.

“Yang mengambil formulir cukup banyak, tapi berkas yang kami terima baru 16 berkas, tapi tidak menutup kemungkinan ada juga yang mengirimkan berkas melalui paket pos langsung ke Bawaslu Kaltim,” ungkap Setio.

Setio mengatakan, pendaftaran seleksi calon panitia pengawas dibuka sejak tanggal 17 Juni sampai batas akhir tanggal 24 Juni 2017 mendatang.

“Berhubung panwas di daerah tidak memiliki kantor dan sekretariat tetap, jadi Bawaslu bekerja sama dengan Kesbangpol Paser untuk tempat pendaftaran sampai 24 Juni mendatang,” katanya.

Pendaftar dari kecamatan Tanah Grogot masih mendominasi sampai saat ini dan ada sekitar 2 orang yang belum mencukupi umur untuk syarat mendaftar.

“Asal pendaftar bervariasi dari berbagai kecamatan, namun yang beras dari luar Tanah Grogot masih terbilang minim dan ada 2 orang yang umurnya belum mencukupi sebagaimana yang dipersyaratkan umur minimal 30 tahun,” ujarnya.

Dari sisi jenis kelamin, Dia menambahkan, pendaftar pengawas pemilu kali ini di dominasi laki-laki.

“Tercatat sampai hari ini baru 3 orang perempuan yang mendaftar calon anggota panwas,” tambahnya.

Setelah semua berkas terkumpul, lebih lanjut Dia mengatakan, sepenuhnya akan diserahkan kepada Panitia Seleksi Bawaslu Kaltim pada tanggal 24 Juni nanti.

“Pada hari terakhir pendaftaran, tim dari Bawaslu Kaltim akan ke Paser untuk mengecek berkas administrasi kemudian membawa berkasnya ke Samarinda,” katanya.

Seperti yang diketahui, berdasarkan pengumuman Bawaslu Kaltim Nomor: 02/PENG-TIMSEL PANWAS/VI/2017
membuka tahapan seleksi penerimaan calon anggota panitia pengawas kabupaten/kota se-Kalimantan Timur dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 Dan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi pendaftar antara lain, dari usia minimal 30 tahun, pendidikan S1 (sarjana) dan lain-lain. Dokumen pendaftaran dapat diantar langsung, dikirim melalui pos, email, atau fax ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur Jl. MT Haryono No. 128 Samarinda.

Untuk informasi lebih lengkap, masyarakat bisa mengakses website resmi Bawaslu Kaltim di
www.bawaslu-kaltimprov.go.id atau dapat menghubungi nomor (081253582300),(081347975341),(081350124964). (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *