MULAWARMAN NEWS

Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Paser dalam Pembangunan IKN

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau PPN/Bappenas RI mengakui keterlibatan masyarakat lokal sangat penting untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Hal tersebut terungkap saat Tim dari Kementerian PPN/Bappenas mengunjungi Kabupaten Paser dan melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah serta sejumlah tokoh adat, agama dan masyarakat di ruang rapat Sadurengas, Rabu (20/11/2019).

Pertemuan tersebut guna menggali karakteristik sosial ekonomi dan budaya Paser sebagai calon penopang Ibu Kota Negara.

“Pertemuan ini sebagai dasar kami untuk membuat kajian IKN dari segi sosial ekonomi dan budaya yang ada di Paser,” kata Perwakilan Tim Kementerian PPN/Bappenas RI Jhony Juanda.

Dia menilai sebagai wilayah terdekat dengan IKN, Kabupaten Paser memiliki peranan langsung dalam mendukung ibu kota negara.

“Karena Kabupaten Paser dekat dengan Penajam, jadi keterlibatan masyarakat lokal itu sangat penting untuk mendukung pembangunan ibu kota,” paparnya.

Menurutnya, dengan kehadiran IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara juga diharapkan tidak menghilangkan budaya atau tradisi masyarakat Paser.

“Ketika IKN sudah terlaksana nantinya, budaya daerah lokal atau budaya Paser harus selalu dilestarikan,” ujarnya. (*/sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *