Rakornas P2DD, Bupati Paser Dukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Songsong Paser MAS

Bupati Paser dr Fahmi Fadli menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) / Foto : Humas

MNEWSKALTIM.COM, JAKARTA – Sebagai wujud dukungan atas upaya percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, Bupati Paser dr Fahmi Fadli menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Rakornas P2DD tahun 2023 yang mengusung tema, “Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju”, dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bupati Paser mengatakan peran percepatan digitalisasi di daerah sangat penting dan turut memberikan dampak positif dalam pembangunan Paser MAS yang Maju, Adil, dan Sejahtera.

“Transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tentu harus dilaksanakan dan didukung dengan instrumen penting di daerah,”

Bupati Paser dr Fahmi Fadli

Dia menambahkan, transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak hanya sekadar mengubah layanan tatap muka menjadi online atau dengan menggunakan aplikasi digital. Transformasi digital harus didukung oleh kesiapan SDM sebagai pendukung teknologi transformasi digital tersebut

“Karena infrastruktur digital serta infrastruktur lainnya  dapat meningkatkan produktivitasnya apabila didukung SDM yang baik, dan berkualitas” jelasnya.

Baca Juga :

Dijelaskannya, Ketua Satgas P2DD Airlangga Hartarto juga menginginkan adanya sinergi inovasi, inisiasi serta kebijakan beberapa kementrian dan lembaga, serta beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti  implementasi elektronikfikasi oleh pemerintah daerah. 

“Pemerintah Daerah diminta meningkatkan sinergi dan kolaborasi guna mendorong peningkatan P2DD, menetapkan beberapa regulasi dalam rangka penguatan kebijakan P2DD, terus berinovasi untuk meningkatkan retribusi daerah,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menjelaskan perlu terobosan berkelanjutan untuk memastikan seluruh pemda di Indonesia menerapkan transaksi berbasis digital pada tata kelola keuangan.

Ia mengatakan digitalisasi dalam ekosistem transaksi keuangan daerah merupakan bagian dari transformasi ekonomi digital yang memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.