MULAWARMAN NEWS

Ratusan Petani Sawit Seruduk Kantor Bupati Paser, Begini Hasilnya

M-NEWS.ID, TANA PASER- Ratusan masyarakat yang menamakan Forum Petani Kelapa Sawit (FPKS) Paser menggelar Aksi Damai yang digelar di Kantor Bupati Paser, Senin (16/7/2018)

Dalam kesepakatan tersebut, menindaklanjuti aspirasi peserta aksi, Bupati Paser akan melakukan Pemanggilan kepada Seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Paser.

“Kita harus bergerak cepat, Karena permasalahan ini menyangkut taraf hidup masyarakat Paser, Kami tidak ingin masyarakat selalu dirugikan terus menerus,” kata Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi

Berbagai upaya, lanjutnya, yang akan dilakukan Pemkab Paser, baik untuk solusi jangka panjang maupun jangka pendek demi kesejahteraan petani sawit di Paser.

“Upaya jangka pendek yang bisa Pemkab lakukan adalah memanggil seluruh PKS untuk menerima intruksi secara langsung, kemudian untuk jangka panjang Pemkab Paser akan melakukan pengawasan terpadu agar harga TBS tetap stabil,” jelasnya.

Sementara itu Ketua FPKS Paser Kanisius berharap hasil kesepakatan tersebut dapat dijalankan dengan baik dan pihaknya akan tetap mengawal keputusan tersebut.

“Kita sudah lihat hasil positif yang sudah dilakukan, Tapi kami belum puas hanya dengan hasil ini, jadi kami akan turut mengawasi keputusan Bupati Paser,” katanya.

Untuk diketahui, pertemuan antara perwakilan Petani Sawit dengan Pemkab Paser dan Polres Paser menghasilkan membuat Berita Acara. Ada 3 poin penting yang akan segera dilakukan Pemkab Paser diantaranya pemanggilan seluruh ke Pemkab Paser pada Selasa tanggal 17Juli 2018 untuk menerima intruksi Bupati yang berisi pembelian harga TBS sesuai dengan penetapan Tim Penetapan Harga TBS Provinsi Kaltim. Kemudian pada poin kedua menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Paser akan memberikan sanksi Kepada PKS yang tidak mematuhi Intruksi tersebut. (aia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *