MULAWARMAN NEWS

Semarak Pembukaan MTQ ke-41 Kaltim di Paser

M-NEWS.ID, Tana Paser – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur dipusatkan di arena utama Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser, Kamis (29/8/2019) malam berlangsung semarak dengan tata cahaya dan tata panggung yang memukau.

Dihadiri oleh Gubernur Kaltim H. Isran Noor, Bupati Paser H. Yusriansyah Syarkawi beserta jajaran Forkopimda Paser, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor, Ketua MUI Kaltim dan sejumlah Bupati/Walikota se-Kaltim.

Acara di awali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Zarkasih, SHI serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan laporan Bupati Paser yang juga Ketua Pelaksana MTQ ke-41 Kaltim.

Bupati Paser dalam laporannya menyampaikan kebanggaan Kabupaten Paser yang dipercaya sebagai tuan rumah lagi setelah 11 tahun lalu dan sukses dalam penyelenggaraan maupun prestasi nya.

“Terakhir kali Paser menjadi tuan rumah pada tahun 2008, masih terkenang dalam ingatan kita suksesnya pelaksanaan MTQ saat itu, semoga kita bisa mengulang kembali kesuksesan tersebut,” kata Yusriansyah.

Dia juga menambahkan dalam pelaksanaan MTQ ada 9 lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan majelis dan ada 5 hotel yang difasilitasi oleh panitia.

Selain itu panitia juga memfasilitasi pemondokan kafilah sebanyak 7 lokasi di dalam Kota Tana Paser dan 3 lokasi diluar Kota Tana Paser.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor dalam sambutannya mengingatkan tentang implementasi Al Qur’an sebagai penuntun umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.

“Al Qur’an dibacanya sebagai ibadah, diamalkan sebagai petunjuk, dihayati sebagai sumber pengakuan, diresapi sebagai jalan menghadapi setiap permasalahan,” ucapnya.

Gubernur Kaltim yang hadir untuk membuka kegiatan MTQ juga mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-41 Kaltim di Kabupaten Paser.

“Saya menyambut baik dan bersyukur atas terselenggaranya MTQ Kaltim ini,” katanya.

Dia juga berharap kegiatan MTQ kembali mengingatkan pentingnya Alquran sebagai petunjuk bagi keselamatan umat manusia di dunia dan akhirat.

“Al Qur’an sebagai mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penuntun, dan siapa yang mengamalkan nya bisa mendapatkan keberkahan, kelancaran dan rahmat dari Allah SWT, ” ucapnya.

Kegiatan MTQ resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim di dampingi Bupati Paser dan Kepala Kanwil Kemenag Kaltim dengan menekan sirine sebagai tanda dimulainya perhelatan MTQ ke-41 Kaltim di Kabupaten Paser.

Acara kemudian dilanjutkan penyerahan Piala bergilir dan Bupati Kutai Kartanegara kepada Bupati Paser sebagai tuan rumah.

Acara pembukaan juga di isi penampilan memukau paduan suara dan orkestra yang menampilkan aransemen lagu-lagu daerah Paser serta penampilan tarian kolosal 300 orang penari yang berasal dari pelajaran se Kabupaten Paser yang menceritakan tentang masuknya agama Islam ke Kesultanan Paser. (Rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *