MULAWARMAN NEWS

Tunjang Ijin Praktek, Puluhan Perawat Ikuti Pelatihan BTCLS

M-NEWS.ID, TANA PASER – Sebagai salah satu syarat kemampuan yang harus dimiliki dalam penanganan pasien, Selasa (10/04/2018), Puluhan Perawat Kabupaten Paser mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).

Untuk diketahui, BTCLS adalah tindakan untuk memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ.

Penyelenggara kegiatan, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Paser Suparno mengatakan, pelatihan ini digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi perawat.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi perawat terutama dalam menangani kondisi gawat darurat,” kata Suparno.

Pelatihan BTCLS ini, kata Suparno, bekerja sama dengan International Nurse Training Centre dan digelar selama lima hari kedepan. Pasalnya, setiap perawat harus memiliki kompetensi BTCLS

“Skil ini dibutuhkan untuk pelayanan yang benar, baik dan akurat sehingga mengurangi kecacatan dan kematian pasien,” lanjutnya.

Sementara Kasubdit Kepangkatan dan Mutasi pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Paser, Chandra mengatakan, kemampuan perawat dalam BTCLS merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan ijin praktek.

“Dari pelatihan BTCLS ini perawat akan mendapat sertifikat. Sertifikat ini menjadi salah satu persyaratan untuk membuka praktek,” ungkapnya.

Menurut Chandra, kompetensi perawat dalam menangani pasien haruslah terukur sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menangani pasien.

“Kompetensi perawat harus terukur. Semoga pelatihan ini berguna dan meningkatkan kemampuan perawat kita,” pungkas Chandra. (*/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *