MULAWARMAN NEWS

Wujudkan Industri Sawit, Pemkab Paser Dorong Kemitraan Petani Sawit dan PKS

M-NEWS.ID, TANA PASER – Penguatan industri sawit di Kabupaten Paser dapat terwujud ketika perusahaan kelapa sawit (PKS) dan para petani bersinergi dengan menjalin pola kemitraan sehingga berdampak pada pemberdayaan petani dan produktifitas sawit.

“Untuk menciptakan industri sawit yang melibatkan perusahaan dan petani kuncinya kemitraan. Ini adalah pola yang sudah berjalan melalui program inti plasma,” kata Asisten Ekonomi Ina Rosana saat membacakan sambutan Bupati Paser di Tanah Grogot, Selasa (5/11/2019).

Untuk menjalin kemitraan petani dengan PKS diperlukan kesepakatan antara kedua belah pihak dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Sejauh ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi mulai dari aspek budidaya, kelembagaan kelompok petani hingga kualitas Tandan Buah Segar (TBS) yang dipersyaratkan pihak perusahaan,” ucapnya.

Dia menilai permasalahan kelapa sawit di Paser hampir sama dialaminya daerah lain di Indonesia. Secara nasional, 58 persen lahan sawit di Indonesia dimiliki perusahaan kelapa sawit dengan segala macam kemampuan, akses, dan keuangan yang dimilikinya. Sementara selebihnya adalah lahan sawit mandiri, yang dikelola petani dengan keterbatasan sumber dayanya.

Pemerintah pun berkomitmen terus membangun pola kemitraan antara petani dan PKS yang saling menguntungkan.

“Harapannya ada kepastian harga yang diinginkan petani dan perusahaan. Semoga kemitraan segera dapat terjalin sehingga ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” ucapnya. (*/sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *