Maksimalkan Dana Desa, DPMD Paser Rancang Program Inovasi Desa

M-NEWS.ID, TANA PASER – Guna memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser mulai merancang program inovasi desa dengan menggelar sosialisasi pelaksanaan program inovasi desa di ruang rapat DPMD Paser, Kamis (26/7/2018).

“Melalui sosialisasi ini dapat mendorong penggunaan dana desa yang berkualitas dan efisien,” kata Asisten Ekonomi Setda Paser Karoding.

Menurutnya, Pemerintah Desa seharusnya mampu melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang inovatif.

“Inovasi desa dapat meningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Terutama dalam hal pelayanan masyarakat dan peningkatan pembangunan desa seperti mengoptimalkan potensi-potensi yang ada,” ujarnya.

Dengan program inovasi desa, lanjutnya, desa dapat tumbuh secara mandiri, karena selama ini desa selalu bergantung pada anggaran dari Pemerintah Daerah.

Kepala DPMD Paser Katsul Wijaya berharap di setiap desa dapat berkontribusi pemikiran dan ide kreatif guna mendukung pelaksanaan inovasi desa.

“Desa-desa nanti dapat menyampaikan ide dan informasi terkait kegiatan yang sudah dilakukan di desa masing-masing,” kata Katsul.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung seharinini juga menghadirkan perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BumDes), sejumlah instansi terkait, dan tenaga ahli desa Kabupaten. (*/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.